Apa Itu Startup Dan Bagaimana Perkembangannya Di Indonesia ?

Hey Sahabat Digital Malang,Beberapa tahun belakangan pasti sering mendengar istilah Startup diIndonesia.

Apa Itu Startup ?

Startup adalah kata serapan dari bahasa inggris yang berarti perusahaan rintisan atau perusahan yang baru berkembang  dan masih melakukan penelitian untuk menentukan pasar yang tepat untuk perusahaan tersebut. Startup lebih sering dihubungkan dengan dunia teknologi informasi atau perusahaan TI mungkin ini terjadi karena peristiwa gelembung dot-com pada era 1999-2000 saat itu internet muncul dan masuk dalam dunia bisnis sehingga bursa saham di negara-negara industri meningkat sangat cepat atas masuknya penemuan teknologi world wide web.Dengan adanya internet perusahaan rintisan saat itu berkembang sangat cepat bahkan banyak perusahaan fiktif kala itu memiliki nilai saham yang sangat tinggi dengan hanya bermodal website.

Karakter Dari Startup :

  1. Dalam Masa Pengembangan
  2. Berdiri kurang lebih 2 tahun
  3. Jumlah pegawai sedikit kurang lebih 25 orang
  4. Mayoritas mengunakan teknologi informasi
  5. Pendapatan kurang lebih $100.000/tahun
  6. Mayoritas produk berupa aplikasi
  7. Beroprasi melalu platform website

Bagaimana perkembangan di Indonesia ?

Indonesia memiliki total populasi 262 juta jiwa 143.26 juta penguna internet aktif dan 87.13% dari penguna internet sebagai penguna media sosial aktif dengan jumlah sekitar 124.82 juta jiwa dengan lingkungan seperti ini sangat mendukung sebuah startup berkembang di Indonesia.Perkembangan startup sangat pesat dikarenakan sudah ada 1500 startup aktif di Indonesia menurut dailysocial.net di tambah dukungan pemeritah dengan adanya Program Startup accelerator 1000 startup (1000startupdigital.id) bekerja sama dengan kibar mempunyai misi melahirkan 1000 startup pertahun dan banyaknya incubator startup (bekup.id) kementerian industri kreatif bekerjasama dengan DILO (Digital Innovation Lounge) mewujudkan startup yang daya saing di pasar internasional.

  

(Bekup Malang)                                                         (1000 Startup Surabaya)

bahkan ada 3 startup yang telah menjadi unicorn atau mempunyai valuasi di atas US$1 miliar (Rp13,5 triliun) yaitu GO-JEK, Tokopedia, dan Traveloka. Namun karena adanya gap yang cukup jauh antara mereka bertiga dengan startup yang lain maka diprediksi untuk the next unicorn selanjutnya membutuhkan waktu yang cukup lama. untuk di Malang sendiri ada banyak startup yang contohnya  Jagoan Store,Pengadaan.net,Pictalogi,kitamuda.com,Raion Studio,Edupongo,Jasahub dan masih banyak lagi dan banyak komunitas yang mendukung seperti Stasion,Induxdan banyak komunitas untuk menambah ilmu di bidang startup dan TI. Anda berminat masuk dunia startup ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *